Bidik Tamu IKN, Pemkab Kukar Kembangkan Pulau Kumala jadi Destinasi Wisata Unggulan

Kamis, 17 Oktober 2024 – 14:03 WIB
Bidik Tamu IKN, Pemkab Kukar Kembangkan Pulau Kumala jadi Destinasi Wisata Unggulan - JPNN.com Kaltim
Pemandangan Pulau Kumala di Tenggarong, Kutai Kartanegara dilihat dari udara. Foto: Antara/HO Prokom Kukar

kaltim.jpnn.com, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) menawarkan destinasi wisata unggulan untuk warga dan tamu di Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui pengembangan daya tarik, akses dan fasilitas wisata di Pulau Kumala.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kukar Ahyani Fadianur Diani menyampaikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membantu dalam pembuatan rencana induk untuk Pulau Kumala.

Dia berharap dengan adanya rencana induk ini banyak orang mencari alternatif untuk berwisata ke Kukar, termasuk tamu IKN, dengan salah satu yang diandalkan adalah destinasi di Pulau Kumala dengan didesain sedemikian rupa.

Rencana induk daerah tujuan wisata Pulau Kumala di Tenggarong tersebut telah diserahkan Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta pada Senin lalu.

Rencana induk itu sebagai panduan untuk pengembangan wisata, kemudian sejumlah kegiatan maupun paket untuk wisata Pulau Kumala bisa ditawarkan ke para investor, termasuk pihak kelompok yang bergerak di bidang pariwisata.

“Keberadaan master plan dari Kemenparekraf ini sebagai panduan, karena master plan ini secara keseluruhan sudah tertata dari tahap ke tahap, baik itu dari posisi infrastruktur maupun peta jalannya,” kata Ahyani.

Ahyani juga menjelaskan jembatan penyeberangan ke Pulau Kumala akan didesain ulang.

Selain itu, jalan masuk ke Pulau Kumala di tengahnya akan dibuatkan tempat untuk melakukan swafoto bagi para pengunjung.

Pemkab Kukar akan mengembangkan Pulau Kumala menjadi destinasi wisata unggulan yang bisa menarik tamu IKN datang ke daerah tersebut
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News