Mau Bepergian Sabtu Ini? Cek Dulu Info Cuaca dari BMKG di Sini

Sabtu, 12 Oktober 2024 – 08:20 WIB
Mau Bepergian Sabtu Ini? Cek Dulu Info Cuaca dari BMKG di Sini - JPNN.com Kaltim
Buat kamu yang mau bepergian pada hari ini, Sabtu (12/10), sebaiknya simak dulu info prakiraan cuaca dari BMKG. Foto: source for jpnn

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Buat kamu yang mau bepergian pada hari ini, Sabtu (12/10), sebaiknya simak dulu info prakiraan cuaca berikut ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini, berupa potensi hujan ringan, sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia.

Prakirawan Eva Septiani menyampaikan secara umum daerah konvergensi memanjang dari Laut Andaman, pesisir barat Sumatera Barat, pesisir barat Filipina, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dari selat Karimata hingga Jambi, dari selat Makassar hingga Sulawesi Barat, Papua dan Papua Pegunungan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah yang dilewati konvergensi atau konfluensi.

Oleh karena itu, pihaknya memprakirakan beberapa kota besar akan berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, yakni Tanjung Pinang, Padang, Pekanbaru, Palembang, Jambi, Bengkulu, Serang, Yogyakarta, Banjarmasin, Palangkaraya, Manado, Mamuju.

Sementara itu, beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Medan, Banda Aceh, Pangkal Pinang, Lampung, Mataram, Denpasar, Tanjung Selor, Pontianak, Gorontalo, Palu, Makassar, Ternate, Nabire, Ambon, Jayapura, Jayawijaya dan Merauke.

Adapun beberapa kota besar yang lain diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Kupang, Samarinda, Manokwari, dan Sorong.

Untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0,5 meter hingga 2,5 meter.

Simak info prakiraan cuaca pada hari ini, Sabtu (12/10) dari BMKG di sini
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News