Imbau Warga Waspada Banjir, BPBD Mahulu Bergerak ke Kampung-kampung

Rabu, 09 Oktober 2024 – 18:51 WIB
Imbau Warga Waspada Banjir, BPBD Mahulu Bergerak ke Kampung-kampung - JPNN.com Kaltim
Petugas BPBD Kabupaten Mahulu saat mengimbau waspada banjir di Kampung Long Melaham,. Foto: ANTARA/HO BPBD Mahulu

kaltim.jpnn.com, MAHAKAM HULU - Masyarakat Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu) diminta waspada banjir.

Imbauan tersebut disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mahulu seiring adanya peringatan dini tentang potensi tingginya intensitas hujan dari BMKG.

“Imbauan ini kami keluarkan karena adanya peringatan dini dari BMKG bahwa di wilayah Mahulu berpotensi hujan sedang-lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Mahulu Agus Darmawan, Rabu (9/10).

Imbauan dikeluarkan melalui surat dengan nomor 360/0400./BPBD/X/2024 pada Selasa (8/10) yang ditujukan kepada kepala organisasi perangkat daerah, camat, dan kepala kampung se-Mahulu.

“Selain mengeluarkan surat imbauan, BPBD Mahulu juga keliling ke kampung-kampung untuk melakukan imbauan langsung ke masyarakat agar waspada, termasuk tiga kecamatan di bagian hilir Mahulu, yakni Kecamatan Long Bagun, Long Hubung, dan Kecamatan Laham,” terang Agus Darmawan.

Kewaspadaan untuk daerah di bagian hilir dilakukan, karena dua hari lalu banjir akibat hujan lebat tersebut terjadi di Kecamatan Long Apari.

Kemudian pada Selasa, banjir menerjang Kecamatan Long Pahangai yang kini sudah surut, namun kewaspadaan harus terus dilakukan.

Adapun isi surat imbauan BPBD tersebut berisi upaya pencegahan prabencana, antara lain mengetahui istilah peringatan yang berhubungan dengan bahaya banjir, seperti Siaga I sampai Siaga IV dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan.

BPBD Mahulu bergerak ke kampung-kampung untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar waspada banjir
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News