Kilang Pertamina Balikpapan Terbakar, Begini Kondisi Terkininya

Sabtu, 25 Mei 2024 – 10:21 WIB
 Kilang Pertamina Balikpapan Terbakar, Begini Kondisi Terkininya - JPNN.com Kaltim
Api terlihat dari kejauhan masih berkobar di kawasan KPI unit Balikpapan, Kaltim. Foto: Muhammad Solih Januar/Antara

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Indonesia (KPI) Unit Balikpapan di Jalan Yos Sudarso pada Sabtu (24/5) dini hari sekitar pukul 05.06 WITA.
 
Dalam video yang disampaikan para sukarelawan, tampak 'si jago merah' menghanguskan salah satu bagian di KPI.
 
Akses jalan menuju lokasi ditutup petugas ketika sejumlah jurnalis di Kota Minyak itu akan meliput peristiwa kebakaran. 

Penutupan jalan mulai dari Jalan Yos Sudarso hingga kawasan Panorama.

General Manager KPI Unit Balikpapan Bayu Arafat mengungkapkan kondisi terkini dari kebakaran yang terjadi di wilayah operasionalnya.

Dia menyampaikan api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 07.30 WITA.
 
"Alhamdulillah tim pemadam telah berhasil menguasai kondisi, dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan," kata Bayu Arafat dalam keterangannya, Sabtu (25/5).
 
Dia mengatakan pihaknya didukung oleh tujuh unit mobil pemadam milik PT KPI RU V, dan satu unit mobil pemadam dari Pertamina Grup di Balikpapan untuk mengatasi kejadian itu secara efektif.
 
Pemadam statis (fire ground) yang berada di sekitar lokasi turut diaktifkan untuk membantu pemadaman dan melokalisir sumber panas.

Bayu mengatakan saat ini tim terus memastikan tidak ada sumber panas di area kejadian.
 
Dia juga memastikan lokasi kebakaran yang masih berada di area kilang sehingga hal ini tidak berdampak langsung kepada masyarakat.

Meski demikian, kata Bayu, pihaknya tetap melakukan pengawasan agar kejadian tersebut tak memberikan dampak buruk yang berkelanjutan.

"Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan suplai ke masyarakat tidak terganggu," terangnya. (antara/jpnn)

General Manager KPI Unit Balikpapan Bayu Arafat menyampaikan kondisi terkini terkait kebakaran yang terjadi di Kilang Pertamina Balikpapan

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia