77 Titik Panas Terdeteksi, Lebih Separuh Tersebar di Kutai Timur

Senin, 29 Januari 2024 – 12:20 WIB
77 Titik Panas Terdeteksi, Lebih Separuh Tersebar di Kutai Timur - JPNN.com Kaltim
BMKG Balikpapan mendeteksi 77 titik panas di Kalimantan Timur. Ilustrasi Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 77 titik panas tersebar di empat kabupaten di Kaltim.

"Sebanyak 77 titik panas ini terpantau sepanjang Minggu (28/1) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida, Senin (29/1).

Diyan mengungkapkan terjadi peningkatan jumlah titik panas yang terdeteksi ketimbang pada sehari sebelumnya.

Pada Sabtu (27/1), BMKG mendeteksi 34 titik dan tersebar pada lima kabupaten, yakni Paser (1 titik), Kutai Barat (1 titik), Kutai Timur (27 titik), Kutai Kartanegara (2 titik), dan Kabupaten Berau (3 titik).

"Sebanyak 77 titik yang terpantau Minggu (28/1) tersebar di empat kabupaten, yakni Paser lima titik, Kutai Barat dua titik, Kutai Timur 53 titik, dan Kutai Kartanegara 17 titik," rincinya.

Adapun perinciannya, yakni di Paser yang terdeteksi lima titik tersebar di dua kecamatan, yakni Batu Engau tiga dan Kuaro dua, kelimanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kabupaten Kutai Barat yang terpantau dua titik, keduanya berada di Kecamatan Jempang yang juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kutai Timur yang terpantau 53 titik, tersebar pada sembilan kecamatan, yakni Batu Ampar (1), Bengalon (26), Kaubun (1), Kongbeng (8), Long Mesangat (2), Muara Ancalong (2), Muara Bengkal (1), Muara Wahau (6), Rantau Pulung (5), dan Kecamatan Telen (1) titik, dengan tingkat kepercayaan menengah.

BMKG mendeteksi 77 titik panas yang tersebar di empat kabupaten di Kaltim atau meningkat dibandingkan pemantauan yang dilakukan di sepanjang Sabtu (28/1)
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia