15 Titik Panas Terdeteksi di Kutai Timur dan Paser, BMKG Beri Peringatan Begini

Selasa, 23 Januari 2024 – 11:58 WIB
15 Titik Panas Terdeteksi di Kutai Timur dan Paser, BMKG Beri Peringatan Begini - JPNN.com Kaltim
Petugas sedang memadamkan karhutla di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara yang terjadi 2023 lalu. Foto: Antara/HO Pusdalops BPBD Kabupaten PPU

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi sebanyak 15 titik panas yang tersebar di dua kabupaten di Kaltim.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida menyampaikan informasi ini kepada pihak terkait agar dilakukan tindakan lebih lanjut.  

"Sebanyak 15 titik panas ini terpantau sepanjang Senin (22/1) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," kata  Diyan Novrida, Selasa (23/1).   

Perinciannya, tiga titik panas terdeteksi di Kabupaten Paser yang tersebar di dua kecamatan, yakni  Batu Sopang (2 titik), dan Batu Engau (1 titik) dengan tingkat kepercayaan menengah

Selebihnya yang sebanyak 12 titik berada di Kabupaten Kutai Timur yang tersebar du tiga kecamatan, yakni Bengalon (5 titik),  Kaubun (1 titik), Telen (5 titik) yang semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Diyan menyampaikan saat ini memang masuk musim hujan, namun masih ada sejumlah kawasan yang tidak terjadi hujan dalam beberapa hari yang bisa menyebabkan daun dan ranting di hutan maupun lahan yang mengering, sehingga mudah terbakar.

Untuk itu, pihaknya mengimbau semua pihak selalu waspada dan sama-sama mencegah agar tidak terjadi penambahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dia mencontohkan kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan adalah pembakaran di hutan maupun lahan.  

BMKG mendeteksi adanya 15 titik panas yang terdekteksi di Kutai Timur dan Paser
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia