Jadi Daerah Mitra IKN, Pemkab PPU Fokus Genjot Pemerataan Pembangunan Infrastruktur

Senin, 04 Desember 2023 – 07:47 WIB
Jadi  Daerah Mitra IKN, Pemkab PPU Fokus Genjot Pemerataan Pembangunan Infrastruktur - JPNN.com Kaltim
Penjabat Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun. Foto: Dokumentasi Antara

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Pemkab Penajam Paser Utara berupaya menumbuhkan pusat perekonomian baru sebagai mitra Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dibangun di sebagian wilayahnya, yakni di Kecamatan Sepaku.
 
"Pemerintah kabupaten mengalokasikan untuk penyesuaian belanja aparatur dan belanja infrastruktur," kata Penjabat Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.
 
Dia mengharapkan dalam penyesuaian alokasi anggaran pada APBD 2024 itu terdapat pemerataan pembangunan dan tercipta lapangan kerja, serta pertumbuhan pusat perekonomian baru di Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Upaya yang dilakukan pada program belanja infrastruktur pada APBD 2024 agar pembangunan dapat mendukung sebagai mitra Kota Nusantara," katanya.
 
APBD 2024 disusun sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
APBD 2024 Kabupaten Penajam Paser Utara ditetapkan mencapai lebih kurang Rp 2,6 triliun dengan pendapatan asli daerah (PAD) direncanakan sekitar Rp 191 miliar, pendapatan transfer berkisar Rp 2 triliun, dan pendapatan daerah lainnya yang sah sekitar Rp 255 juta
 
Alokasi belanja yang direncanakan pada APBD 2024 secara keseluruhan mencapai lebih kurang Rp 2,6 triliun, terdari dari belanja operasional, belanja modal, belanja tidak terduga, dan belanja transfer.
 
Pembiayaan daerah terdiri atas penerimaan pembiayaan yang direncanakan sekitar Rp 92 miliar dan pengeluaran pembiayaan berkisar Rp 55 miliar.
 
Kebijakan pendapatan maupun belanja dan pembiayaan daerah pada 2024, kata Makmur Marbun, harus berperan pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat
 
Pemenuhan terhadap belanja pokok dialokasikan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sesuai ketentuan perundang-undangan, di antaranya belanja pendidikan, kesehatan, dan Dana Desa.

"Alokasi Dana Desa diharapkan mampu mendorong pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat pada tingkatan desa," ujar Makmur Marbun. (antara/jpnn)

Pj Bupati Makmur Marbun ungkap upaya Pemkab PPU menggenjot pemerataan pembangunan infrastruktur dukungan sebagai mitra IKN

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia