Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik jadi Pj Gubernur Sebuah Kehormatan Buat Kaltim

Selasa, 03 Oktober 2023 – 07:22 WIB
Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik jadi Pj Gubernur Sebuah Kehormatan Buat Kaltim - JPNN.com Kaltim
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat bersalaman dengan para undangan usai dilantik di Sasana Bhakti Praja Jakarta, Senin (2/10). Foto: AntaraHO/Humas DPRD Kaltim

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Pengamat politik dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Mohammad Taufiq menilai penunjukan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Timur adalah kehormatan bagi daerah.

Taufiq menyebut sepak terjang Akmal Malik selama menjadi Pj Gubernur Sulawesi Barat sebelumnya juga patut diacungi jempol. 

"Dirjen Otda adalah pejabat yang krusial di Kemendagri yang berkoordinasi dengan kepala daerah di seluruh Indonesia. Dia pasti paling paham soal pemerintahan otonomi daerah,” kata Taufiq, Senin (2/10).

Dia berharap Akmal Malik bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan netral menuju Pemilu 2024.

Selain itu, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik juga bisa melanjutkan program-program gubernur sebelumnya yang belum selesai.

“Kaltim sedang menghadapi banyak agenda besar, seperti persiapan Ibu Kota Negara (IKN), pilkada, pilgub, dan pemilu,” sebutnya.

Taufiq menambahkan dengan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim pasti spotlight pemerintah pusat semakin besar.

"Pasti orang pusat akan memberi orang-orang terbaiknya untuk mewakili pemerintah pusat di daerah, termasuk Pj Gubernur saat ini," tegasnya.

Mohammad Taufik menilai penunjukan Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik menjadi Pj Gubernur Kaltim adalah sebuah kehormatan
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia