Gempa M 4,0 Mengguncang Tenggara Mahakam Ulu, Simak Imbauan Penting dari BMKG

Selasa, 27 Juni 2023 – 06:32 WIB
Gempa M 4,0 Mengguncang Tenggara Mahakam Ulu, Simak Imbauan Penting dari BMKG - JPNN.com Kaltim
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,0 menguncang wilayah tenggara Mahulu, Kaltim pada Selasa (27/6) dini hari tadi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, MAHAKAM HULU - Gempa kembali mengguncang wilayah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa yang mengguncang Mahulu kali ini berkekuatan magnitud 4,0 yang terjadi pada Selasa (27/6) pukul 03.44 WITA.

Dilansir dari laman resmi BMKG, episentrum gempa terletak pada koordinat 0,33 lintang utara dan 115,29 bujur timur, atau tepatnya berlokasi 95 kilometer tenggara Mahulu.

Adapun kedalaman gempa, yakni 10 kilometer.

BMKG juga melaporkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang mengguncang Mahulu merupakan gempa kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Mahulu dan Samarinda dengan intesitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Terkait hal ini, BMKG menyampaikan imbauan kepada masyarakat di wilayah Mahulu dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,0 menguncang wilayah tenggara Mahulu, Kaltim pada Selasa (27/6) dini hari tadi
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia