Gempa Magnitudo 4,6 Mengguncang Mahulu, Getarannya Terasa Hingga di Samarinda

Selasa, 20 Juni 2023 – 16:44 WIB
Gempa Magnitudo 4,6 Mengguncang Mahulu, Getarannya Terasa Hingga di Samarinda - JPNN.com Kaltim
Gempa bumi magnitudo 4,6 mengguncang wilayah Mahulu dan getarannya terasa hingga di Samarinda pada Selasa (20/6). Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Gempa berkekuatan magnitudo 4,6 mengguncang wilayah Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa 4,6 itu terjadi pada Selasa (20/6) pukul 12.43 WIB.

Dilansir dari laman resmi BMKG, episentrum gempa terletak pada koordinat 1.117 lintang utara dan 114,99 bujur timur, atau tepatnya berlokasi 47 kilometer tenggara Mahulu.

Adapun kedalaman gempa, yakni 10 kilometer.

BMKG juga melaporkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang mengguncang Mahulu dipicu aktivitas sesar aktif dengan mekanisme geser (strike-slip).

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Mahulu dan Samarinda dengan intesitas II MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Dari video yang beredar luas di media sosial, sejumlah orang berhamburan keluar rumah.

"Baru kali ini ngerasain gempa," ungkap warga.

BMKG melaporkan terjadinya gempa berkekuatan magnitudo 4,6 mengguncang Mahulu dan getarannya terasa hingga di Samarinda pada Selasa (20/6)
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia