Cuaca Ekstrem di Penajam, Waspada Gelombang Tinggi dan Banjir Rob!

Sabtu, 24 Desember 2022 – 19:03 WIB
Cuaca Ekstrem di Penajam, Waspada Gelombang Tinggi dan Banjir Rob! - JPNN.com Kaltim
Petugas gabungan dalam komando Pusdalops BPBD Kabupaten PPU melakukan pemantauan di daerah pesisir Kecamatan Penajam, Sabtu (24/12). Foto: ANTARA/HO Pusdalops BPBD PPU

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Cuaca ekstrem bakal melanda wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara dalam beberapa hari ke depan.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU mengimbau warga setempat, terutama yang tinggal di wilayah pesisir untuk selalu waspada terhadap dampak cuaca ekstrem.

"Cuaca ekstrem laut ini dapat menyebabkan beberapa hal, seperti gelombang tinggi, kemudian banjir rob seperti yang melanda dua kelurahan di Penajam Jumat kemarin," kata Kepala Pelaksana BPBD PPU Marjani, Sabtu (24/12).

Hingga saat ini tim dari Pusdalops BPBD PPU masih melakukan pemantauan bersama sejumlah pihak, seperti kepolisian, dinas perhubungan, Babinsa, dan beberapa warga setempat di dua kelurahan yang diterjang banjir rob.

Pemantauan dilakukan hingga dua hari ke depan, karena berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, gelombang tinggi masih akan terjadi pada hari ini hingga besok (25/12).

Marjani menyampaikan pemantauan bukan hanya di dua kelurahan yang kemarin terdampak banjir rob, tapi juga pada semua kawasan pesisir di daerah Penajam.

Bahkan, imbauan kewaspadaan ke masyarakat juga dilakukan oleh tim di lapangan.

"Kami imbau masyarakat selalu waspada jika ingin mencari ikan di laut, utamakan keselamatan jiwa. Bagi warga yang tinggal di pesisir juga harus selalu waspada terhadap kemungkinan banjir rob, apalagi jika disertai dengan hujan lebat," pesan Marjani.

BPBD mengimbau warga Penajam untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang bakal melanda wilayah tersebut dalam beberapa hari ke depan.
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia