Waka DPRD Kaltim Apresiasi Komitmen Warga Dayak Kenyah yang Siap Berkontribusi di IKN

Senin, 01 Mei 2023 – 14:45 WIB
Waka DPRD Kaltim Apresiasi Komitmen Warga Dayak Kenyah yang Siap Berkontribusi di IKN - JPNN.com Kaltim
Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. Foto: Fandi/Antara

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengapresiasi komitmen warga paguyuban adat Dayak Kenyah yang ikut berkontribusi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan membangun Kaltim sebagai penyangga utama.

"Saya hadir saat pembukaan Mubes IV Paguyuban Dayak Kenyah dan bertemu dengan tokoh-tokoh Dayak di sana, menariknya ada beberapa hal yang diulas, salah satunya terkait pembangunan di Kaltim dan berkontribusi di IKN," kata Samsun, Senin (1/5).

Samsun menyampaikan musyawarah besar Adat Dayak Kenyah Kaltim merupakan momen yang tepat untuk menyampaikan beberapa hal terkait masa depan Kaltim mempersiapkan diri menyongsong IKN.

"Kami mendukung gagasan yang disampaikan keluarga besar adat Dayak untuk dilibatkan dalam pembangunan IKN diberikan kesempatan untuk berkontribusi," ucapnya.

Samsun menyadari sepenuhnya bahwa SDM lokal harus ditingkatkan, kemudian warga Kaltim harus menyelaraskan juga dengan kebutuhan SDM yang ada di IKN.

Sementara itu, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Myrna Asnawati menyatakan pada acara Mubes Adat Dayak bahwa keinginan warga lokal terlibat di IKN cukup bagus.

"Ini penting karena seperti tadi saya sampaikan pembangunan IKN itu akan berbasis juga pada kebudayaan lokal sehingga apa yang dilakukan melalui Mubes ini pasti akan banyak manfaatnya," ujar Myrna.

Dia menjelaskan salah satu yang dilakukan Otorita IKN adalah rancangan regulasi untuk pengakuan perlindungan dan pemajuan kearifan lokal dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Sejumlah hal dibahas Mubes IV Paguyuban Dayak Kenyah, salah satunya terkait IKN. Simak pernyataan Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia