2 Daerah di Kaltim Raih Adipura Kencana, Begini Harapan Menteri Siti Nurbaya

Selasa, 28 Februari 2023 – 16:39 WIB
2 Daerah di Kaltim Raih Adipura Kencana, Begini Harapan Menteri Siti Nurbaya - JPNN.com Kaltim
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (kedua kanan) memberikan penghargaan Adipura kepada Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (28/2). Foto: Sugiharto Purnama/Antara

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Dua daerah di Kaltim meraih penghargaan tertinggi dalam program Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan tertinggi berupa Adipura Kencana itu diraih Kota Balikpapan dan Kota Bontang.

Selain dua daerah di Kaltim tersebut, Kota Surabaya, Kota Bitung dan Kabupaten Jepara juga meraih penghargaan Adipura Kencana.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan kementeriannya memberikan penghargaan Adipura kepada 150 kabupaten/kota di Indonesia yang dinilai berhasil menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

"Adipura adalah penghargaan kepada kota-kota yang sudah melakukan pekerjaan yang keras dari hulu ke hilir terkait pengelolaan sampah dan juga melakukan pengelolaan TPA dengan baik," kata Vivien Ratnawati di Gedung Manggala Wanabakti, Selasa (28/2).

Vivien menyampaikan pelaksanaan program Adipura periode 2021-2022 telah dilaksanakan terhadap 258 kabupaten/kota atau sebanyak 50,2 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Lima kabupaten/kota meraih penghargaan tertinggi Adipura Kencana, yaitu Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kota Bitung dan Kabupaten Jepara.

Kemudian, jumlah wilayah yang meraih anugerah Adipura sebanyak 80 kabupaten/kota.

2 daerah di Kaltim meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berupa Adipura Kencana
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News