Kembangkan Pusat Suaka Orang Utan di Kalawasan, Otorita IKN Gandeng Yayasan Arsari

Rabu, 15 Februari 2023 – 23:38 WIB
Kembangkan Pusat Suaka Orang Utan di Kalawasan, Otorita IKN Gandeng Yayasan Arsari - JPNN.com Kaltim
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (kiri) saat meninjau Pusat Suaka Orang Utan di Pulau Kalawasan, Penajam Paser Utara, Kaltim, Jumat (10/2). Foto: Dokumentasi Tim Komunikasi Otorita IKN

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menggandeng Yayasan Arsari untuk mengembangkan Pusat Suaka Orang Utan (PSO) di Pulau Kalawasan, Penajam Paser Utara.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyampaikan tujuan pengembangan PSO di Pulau Kalawasan untuk menyediakan tempat perlindungan orang utan.

"Jadi pengembangan PSO untuk menyediakan tempat perlindungan orang utan jantan dewasa dengan memberikan fasilitas dan pengelolaan yang memenuhi prinsip kesejahteraan satwa," kata Bambang Susantono, Rabu (15/2).

Dia menyampaikan kesejahteraan satwa terutama bagi orang utan yang telah ditetapkan tidak dapat dilepasliarkan ke habitat alaminya, karena alasan tertentu.

Karena itu, satwa tersebut perlu mendapat tempat dan penanganan sendiri.

Pengembangan PSO di Pulau Kalawasan diharapkan menjadikan IKN Nusantara sebagai pusat pemerintahan negara yang sangat memperhatikan lingkungan.

Apalagi orang utan merupakan salah satu spesies endemik Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Meskipun kawasan IKN bukanlah habitat alami dari orang utan, namun pihaknya tetap berkomitmen untuk mendukung perlindungan bagi orang utan untuk menjaga dari kepunahan.

Otorita IKN menggandeng Yayasan Arsari untuk mengembangkan Pusat Suaka Orang Utan di Pulau Kalawasan, Penajam Paser Utara
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia