Jepang Berminat Terlibat dalam Pembangunan IKN Nusantara di Kaltim

Rabu, 15 Februari 2023 – 11:24 WIB
Jepang Berminat Terlibat dalam Pembangunan IKN Nusantara di Kaltim - JPNN.com Kaltim
Menkeu Sri Mulyani menyampaikan Jepang berminat terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara di Kaltim. Foto: Ricardo/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kabar baik terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim.

Orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan Jepang sangat tertarik dengan pembangunan IKN Nusantara, baik dari segi skenario maupun kemajuannya.

"Terutama dengan kebijakan yang mendukung pembangunan IKN di Kalimantan serta peranan dari dunia internasional," kata Menkeu Sri Mulyani dalam konferensi pers IMF-JICA Joint Conference yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (14/2).

Oleh karenanya, Bendahara Negara menyebutkan rencana jangka panjang IKN sesuai undang-undang.

Menteri kelahiran Bandar Lampung itu mengatakan akan ada berbagai insentif fiskal, serta langkah meningkatkan peran swasta maupun internasional dalam proyek tersebut.

Di sisi lain, perusahaan maupun Pemerintah Jepang sejauh ini terus melihat rencana pembangunan IKN.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan Jepang melihat secara oportunis, seperti pada sektor energi terutama terbarukan yang terkait dengan emisi nol bersih karbon serta berbagai infrastruktur.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi menambahkan akan terdapat beberapa pertemuan di Jepang untuk membahas pembangunan IKN pada bulan ini.

Menkeu Sri Mulyani menyampaikan Jepang berminat terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara di Kaltim, simak penjelasannya
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News