Bandara APT Pranoto Layani 3.489 Penumpang Selama Libur Natal, Rute Ini Paling Laris

Senin, 26 Desember 2022 – 21:59 WIB
Bandara APT Pranoto Layani 3.489 Penumpang Selama Libur Natal, Rute Ini Paling Laris - JPNN.com Kaltim
Pesawat Super Air Jet saat bersiap lepas landas di Bandara APT Pranoto Samarinda. Foto: Fandi/Antara

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat Bandara APT Pranoto melayani 3.489 penumpang selama libur Natal periode 23-25 Desember.

“Jumlah penumpang yang berangkat paling banyak rute penerbangan Samarinda-Surabaya menggunakan maskapai Super Air Jet, rata-rata 150 penumpang per hari,” kata Kepala Seksi Teknik dan Operasi Unit Penyelenggara Bandara Udara APT Pranoto, Dwi Muji, Senin (26/12).

Terkait penanganan pengamanan selama libur Natal, Dwi memastikan pihaknya melakukan pemeriksaan rutin terhadap penumpang dan bagasi pada Security Check Point (SCP) 1 guna memastikan tidak ada barang berbahaya yang dimasukkan ke dalam bagasi.

Selain itu dilakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan kabin di SCP dua dan memastikan penumpang tidak membawa barang yang dilarang ke dalam kabin.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang selama Natal dan Tahun Baru, UPBU APT Pranoto berkolaborasi dengan unsur TNI, Polri, karantina, Dinas Perhubungan dan PMI mendirikan posko yang beroperasi hingga 4 Januari 2023.

“Terjadi peningkatan penumpang yang berangkat pada tujuh hari sebelum Natal yakni Minggu (18/12) sebanyak 1.350 penumpang dan Kamis (22/12)) sebanyak 1.335 penumpang,” sebutnya.

Adapun maskapai yang banyak digunakan adalah Batik Air tujuan Jakarta sehari dua kali penerbangan dan Maskapai Super Air Jet tujuan Surabaya dua kali penerbangan.

Dwi mengingatkan kepada masyarakat Kaltim yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui Bandara APT Pranoto dipastikan untuk usia di atas 17 tahun sudah divaksin lengkap (booster).

Bandara APT Pranoto Samarinda melayani 3.489 penumpang selama libur Natal, ini rute yang paling laris
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia