Info Terbaru BMKG Soal Penyebaran Titik Panas di Kaltim, Terbanyak di Kutai Timur

Minggu, 27 November 2022 – 22:09 WIB
Info Terbaru BMKG Soal Penyebaran Titik Panas di Kaltim, Terbanyak di Kutai Timur - JPNN.com Kaltim
BMKG mendeteksi adanya penyebaran 14 titik panas di Kaltim, terbanyak di Kutai Timur. Ilustrasi Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi terbaru soal penyebaran titik panas di Kaltim

"Sebanyak 14 titik panas tersebut terpantau kemarin mulai pukul 01.00 hingga pukul 17.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida, Minggu (27/11).

Penyebaran 14 titik panas tersebut telah disampaikan ke instansi terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Diyan menyampaikan saat ini sudah masuk musim hujan, tapi masih ada beberapa kondisi bagi sejumlah kawasan di Kaltim yang mengalami panas beberapa hari berturut-turut sehingga diharapkan semua pihak selalu waspada terhadap kemungkinan api yang bisa memicu kebakaran.

"Ada potensi beberapa hari mengalami panas sehingga kami mengimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan untuk meminimalisir atau menghindari titik panas," pesannya.

Berikut perincian penyebaran 14 titik panas pada tiga kabupaten di Kaltim, yakni Kabupaten Berau (4 titik), Kutai Kartanegara (1 titik), dan Kutai Timur (9 titik).

Untuk tiga titik di Berau berada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sambaliung ada satu titik dan Kecamatan Segah satu titik, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Kabupaten Kutai Kartanegara yang terdeteksi satu titik panas, berada di Kecamatan Loa Kulu dengan tingkat kepercayaan menengah.

BMKG menyampaikan informasi terbaru soal penyebaran titik panas di Kaltim yang ditemukan terbanyak di Kutai Timur
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia