Ikhtiar Dispar Gaet Turis Asing ke Kaltim, Siap Berkolaborasi dengan Negara Tetangga

Selasa, 22 November 2022 – 20:40 WIB
Ikhtiar Dispar Gaet Turis Asing ke Kaltim, Siap Berkolaborasi dengan Negara Tetangga - JPNN.com Kaltim
Turis asing dari Eropa dan Asia mengunjungi Pulau Bali melalui Pelabuhan Benoa. Foto: ilustrasi/Dokumentasi Pelindo III

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim terus berikhtiar meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Setelah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah bersama pengelola wisata di Bali, kali ini penjajakan kerja sama dilakukan Dispar Kaltim dengan Sarawak Tourism Board (STB).

Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi menyampaikan pihaknya terus berupaya untuk menarik wisatawan asing yang berkunjung ke Bali untuk bisa datang ke Kaltim.

Pasalnya, tamu dari luar negeri yang berkunjung ke Indonesia dengan tujuan utama berwisata ke Bali menyempatkan mengunjungi berbagai daerah selama seminggu sebelum kembali ke negaranya.

Waktu satu minggu terakhir yang dimanfaatkan turis mengunjungi berbagai objek wisata di berbagai daerah itulah yang ingin ditarik agar mereka ke Kaltim sehingga dari sini STB mengambil peran karena Sarawak juga ada di Pulau Kalimantan.

"Kami menyambut baik inisiatif STB menggandeng kami untuk sama-sama menggaet wisatawan asing, kerja sama ini harus saling menguntungkan. Kuncinya tentu ada di paket wisata yang akan kita kemas," ujar Restiawan Baihaqi, Selasa (22/11).

Direktur Marketing STB Barbara Benjamin Atan mengatakan peluang bersinergi antara pihaknya dengan Pemprov Kaltim sangat terbuka karena masih dalam satu pulau, meski beda negara.

"Apalagi, Kaltim dan Sarawak masih satu rumpun sehingga banyak kesamaan baik dari sisi budaya, bahasa, bahkan untuk wisata alam pun nyaris sama. Untuk itu hal utama yang kami tawarkan adalah kuliner, festival, petualang, termasuk layanan kesehatan yang selama ini sudah dirasakan oleh masyarakat Indonesia," kata Benjamin Atan. (antara/jpnn)

Dispar Kaltim terus beriktiar menggaet turis asing ke Kaltim dengan melakukan berbagai kerja sama, salah satunya siap berkolaborasi dengan negara tetangga

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia