Merinding, Gubernur Isran Bicara Kekuasaan Allah di Balik Pemindahan IKN ke Kaltim

Rabu, 23 November 2022 – 17:37 WIB
 Merinding, Gubernur Isran Bicara Kekuasaan Allah di Balik Pemindahan IKN ke Kaltim - JPNN.com Kaltim
Gubernur Kaltim Isran Noor saat menghadiri prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi dalam ritual 'Kendi Nusantara' di Titik Nol IKN Nusantara, beberapa waktu lalu. Foto: Biro Pers Sekretariat Kepresidenan.

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Gubernur Kaltim Isran Noor berbicara tentang kekuasaan Allah di balik pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Pasalnya, menurut cerita gubernur yang bikin merinding, keberadaan IKN Nusantara di Kaltim seperti mengembalikan masa kejayaan Kerajaan Kutai.

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia, jauh sebelum lahir kerajaan-kerajaan besar lainnya di nusantara ini.

“Jadi, ditetapkan dan dipindahkan ibu kota negara Republik Indonesia ke Kaltim akan mengembalikan kejayaan yang pernah diraih Kerajaan Kutai untuk Indonesia,” ucap Isran Noor dilansir laman resmi Pemprov Kaltim, Rabu (23/11).

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menyampaikan dalam sejarah Kerajaan Kutai, lokasi IKN dulunya wilayah Keresidenan Kerajaan Kutai Ing Martadipura.

Di wilayah utaranya berbatasan kekuasaan Kerajaan Sambaliung, Berau.

Sementara itu, di bagian Selatan berbatasan dengan Sungai Telake Babulu Darat, dahulunya merupakan wilayah Kerajaan Paser.

Namun, lanjut Isran, semua itu adalah wilayah Kesultanan Kutai Ing Martadipura.

Gubernur Isran Noor bicara kekuasaan Allah di balik pemindahan IKN ke Kaltim
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia