Wih Keren! Pertama di Indonesia, Terowongan Bawah Laut Bakal Dibangun di IKN Nusantara

Minggu, 06 November 2022 – 10:34 WIB
Wih Keren! Pertama di Indonesia, Terowongan Bawah Laut Bakal Dibangun di IKN Nusantara - JPNN.com Kaltim
Jembatan Pulau Balang di Teluk Balikpapan. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Terowongan bawah laut atau immersed tunnel yang bakal dibangun di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tepatnya di dasar Teluk Balikpapan, menjadi yang pertama di Indonesia.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur Junaidi menyampaikan rencananya immersed tunnel itu bakal dibangun sepanjang 1 kilometer dengan kedalaman di bagian tengah 40 meter di bawah Teluk Balikpapan.

"Sekarang masih feasibility study," kata Junaidi dilansir JPNN.com.

Junaidi menyebutkan estimasi biaya pembangunan terowongan bawah laut ini mencapai sekitar Rp 3 triliun.

"Sampai hari ini kita (Indonesia, red) belum punya jembatan bawah laut, mudah-mudahan di IKN ini nanti terwujud punya jembatan laut," ujar Junaidi.

Sebelumnya, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga menyampaikan pihaknya bakal menyiapkan terowongan dengan mengadopsi teknologi immersed tunnel.

"Kenapa kita membuat immersed tunnel? Karena ingin menjaga lingkungan yang mana di situ terdapat area satwa yang harus kita lindungi," ujarnya dikutip dari Antara.

Dia menyebut Satgas IKN bisa saja membuat jembatan, namun dalam konteks menjaga lingkungan maka yang diutamakan adalah pembangunan immersed tunnel yang akan menyeberangi Teluk Balikpapan di ujung jalan tol.

Terowongan bawah laut yang bakal dibangun di kawasan IKN Nusantara akan menjadi yang pertama di Indonesia
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia