7 Karya Warga Kaltim Masuk Warisan Budaya Tak Benda Nasional, Ada Gasing Kutai

Senin, 31 Oktober 2022 – 08:55 WIB
7 Karya Warga Kaltim Masuk Warisan Budaya Tak Benda Nasional, Ada Gasing Kutai - JPNN.com Kaltim
Sejumlah warisan Budaya asal Kaltim masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2022. Foto: Diskominfo Katim

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Ada sebanyak tujuh budaya asal Kaltim ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2022 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penetapan melalui surat Kemendikbudristek bernomor No. 414/0/2022 tanggal 21 Oktober 2022 itu menjadi sebuah kebanggaan untuk Kaltim bersama dengan 193 budaya tak benda lainnya di seluruh Indonesia.

Budayawan Kaltim Zainal Dharma Abidin menyampakan terpilihnya tujuh budaya tak benda Kaltim itu sebagai WBTB nasional disebut sebagai peristiwa budaya yang layak diapresiasi dan menjadi pemicu Kaltim terus melakukan pelestarian budaya tersebut.

“Saya merasa bangga tujuh budaya tak benda Kaltim kembali ditetapkan sebagai WBTB Indonesia 2022. Ini sebuah hasil dari proses yang panjang dan tidak gampang," kata Zainal Dharma Abidin.

Pasalnya, lanjut dia, ada ribuan warisan tak benda dari seluruh Indonesia yang diusulkan masing-masing provinsi, ternyata tujuh budaya tak benda Kaltim masuk di antara 200 WBTB yang ditetapkan Kemendikbudristek.

Seniman Teater dan Film tersebut menuturkan penetapan WBTB itu penting bagi upaya pelestarian dan memperkuat jati diri dan identitas budaya lokal Kaltim.

Keberhasilan ini, kata Zainal, tak lepas dari kerja keras Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim khususnya Bidang Kebudayaan yang mengusulkan ke Kemendikbudristek.

“Masih banyak budaya Kaltim baik tak benda maupun benda yang patut diusulkan menjadi warisan budaya Indonesia. Ini tugas dari Dikbud Kaltim di segala tingkatan dan para budayawan untuk menindak lanjuti,” ujarnya.

Kemendikbudristek menetapkan 7 karya warga Kaltim masuk WBTB nasional 2022, berikut daftarnya
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia