Hadiri Gebyar Anugerah Literasi, Pj Gubernur Akmal Malik Sampaikan Harapan Ini

Senin, 14 Oktober 2024 – 14:38 WIB
Hadiri Gebyar Anugerah Literasi, Pj Gubernur Akmal Malik Sampaikan Harapan Ini - JPNN.com Kaltim
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat menghadiri Gebyar Anugerah Literasi 2024 yang berlangsung di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Senin (14/10). Foto: Hudais TP/adpimprovkaltim

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik menghadiri Gebyar Anugerah Literasi 2024 yang berlangsung di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Senin (14/10).

Acara yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim yang mengangkat tema 'Meningkatkan Kegemaran Membaca Sebagai Fondasi Generasi Emas' menghadirkan musisi literasi Indonesia Sakti Curtis, Ferry Curtis dan novelis Dewi Lestari.

Selanjutnya kegiatan tersebut dirangkai penyerahan penghargaan bagi pemenang lomba literasi se-Kaltim.

Pj Gubernur Akmal Malik memuji acara yang digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim dengan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kaltim, terutama dalam membuka wawasan masyarakat tentang dunia literasi.

Hal ini mengingat Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kaltim meski terus meningkat, namun termasuk rendah di tingkat nasional.

"Jujur saya katakan indeks literasi kita masih rendah, hanya sekitar 67,57," sebut Akmal Malik.

Menurut Akmal, permasalahan masih rendah dan lambatnya peningkatan literasi masyarakat tidak terlepas rendahnya budaya membaca.

Kondisi ini terjadi disebabkan lemahnya kebijakan pemerintah daerah dalam mendorong minat baca sejak usia dini, seperti jenjang sekolah dasar.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menyampaikan sejumlah harapan terkait penyelenggaraan
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News