Hujan Lebat Disertai Petir di Wilayah Ini, Bagaimana di Samarinda? Simak Info dari BMKG

Selasa, 01 Oktober 2024 – 08:05 WIB
Hujan Lebat Disertai Petir di Wilayah Ini, Bagaimana di Samarinda? Simak Info dari BMKG - JPNN.com Kaltim
BMKG menyampaikan prakiraan cuaca hari ini yang menyebutkan sebagian wilayah di Indonesia akan diguyur hujan lebat disertai petir, bagaimana di Samarinda? Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Hujan lebat disertai petir berpotensi di sejumlah wilayah di Indonesia pada Selasa (1/10).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan di wilayah Kalimantan hujan dengan intensitas lebat disertai petir berpotensi terjadi di Tanjung Selor, Pontianak, Palangkaraya, dan Banjarmasin.

Sementara itu, untuk wilayah Samarinda hujan dengan intensitas ringan.

"Di wilayah Jawa, untuk Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya, berawan tebal. Bandung hujan disertai kilat dan Serang hujan ringan," kata Prakirawan BMKG Hasalika Nurjanah.

Adapun di wilayah Sumatera, hujan ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Pekanbaru, Medan, dan Bengkulu.

Hujan lebat disertai kilat berpotensi terjadi di Padang, Tanjung Pinang, Jambi, Palembang, dan Pangkal Pinang. Adapun Lampung bakal diselimuti awan tebal.

"Di wilayah Denpasar dan Mataram hujan dengan intensitas sedang. Kupang diprakirakan cerah berawan," kata dia.

Di Sulawesi, lanjut Hasalika, wilayah Mamuju berpotensi hujan lebat disertai petir. Adapun Gorontalo dan Manado diprediksi hujan sedang, sedangkan Palu, Kendari, dan Makassar berawan.

Di wilayah Indonesia Timur, kata dia, Sorong, Nabire, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya, Ternate, dan Ambon pada umumnya hujan ringan hingga sedang. Sementara Merauke berpotensi berawan tebal.

"Bagi yang ingin mengetahui cuaca secara khusus yang diperbaharui setiap tiga jam dapat memantau di aplikasi BMKG," pesannya. (antara/jpnn)

BMKG menyampaikan prakiraan cuaca hari ini yang menyebutkan sebagian wilayah di Indonesia akan diguyur hujan lebat disertai petir, bagaimana di Samarinda?

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News