Menteri Rosan Sebut Eksosistem Sudah Terbentuk, Optimistis Investasi Terus Masuk ke IKN

Senin, 30 September 2024 – 14:41 WIB
Menteri Rosan Sebut Eksosistem Sudah Terbentuk, Optimistis Investasi Terus Masuk ke IKN - JPNN.com Kaltim
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani. Foto: source for jpnn

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani optimistis investasi akan terus masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim.

Pasalnya, dia mengungkapkan ekosistem IKN kini sudah mulai terbentuk.

"Jadi ekosistem (IKN) sudah mulai terbentuk, dan kita mempunyai keyakinan ini akan terus bergulir. Kita Kementerian Investasi sangat berbahagia, karena investor asing sudah mulai masuk kurang lebih dua minggu terakhir ini," ujar Rosan dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (30/9).

Dia menegaskan Kementerian Investasi terus berupaya secara proaktif dalam menarik investasi yang memiliki dampak berkelanjutan dan berkesinambungan untuk masuk ke IKN.

"Kita mesti proaktif kepada mereka dan kita harus terbuka serta juga dari segi peraturan regulasi dan penyediaan lahan. Kita meyakini sekarang sudah terbentuk ekosistemnya. Alhamdulillah ke depannya kita akan memilih yang mempunyai dampaknya berkesinambungan dan berkelanjutan," ujar Rosan.

Sebagai informasi, Menteri Rosan Roeslani menyampaikan terdapat tambahan lima perusahaan asing yang berinvestasi di IKN dengan total dana USD 165 juta atau Rp 2,51 triliun.

Salah satunya perusahaan asal Singapura, Sembcorp Utilities PTe Ltd yang berinvestasi sebesar USD 65 juta atau Rp 987,35 miliar untuk membangun panel surya bertenaga 50 Mega Watt (MW).

Tidak hanya di bidang energi, perusahaan yang bergerak di sektor pendidikan asal Singapura, Raffles Education Limited juga berminat menanamkan modalnya di IKN.

Menteri Rosan menyampaikan keyakinannya investasi akan terus masuk seiring dengan mulai terbentuk eksosistem di IKN
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News