Tanah Bergerak, Belasan Rumah Warga di Balikpapan Rusak

Kamis, 04 Januari 2024 – 10:35 WIB
Tanah Bergerak, Belasan Rumah Warga di Balikpapan Rusak - JPNN.com Kaltim
Salah satu rumah warga di Balikpapan mengalami keretakan akibat tanah bergerak yang terjadi pada Rabu (3/1) dini hari.Foto: Januar/Antara

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN UTARA - Belasan rumah warga di RT 37 Jalan Purnawirawan 8 dan 9, Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, mengalami kerusakan akibat pergerakan tanah yang terjadi pada Rabu (3/1) dini hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Usman Ali mengungkapkan pergerakan tanah itu diduga dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah tersebut dalam beberapa hari terakhir.
Usman menyampaikan pihaknya menerima laporan kejadian sekitar pukul 9.38 WITA.

Setelah mendapat informasi, tim dari BPBD dan instansi terkait lainnya langsung bergerak menuju lokasi untuk mengantisipasi hal terburuk.
 
Saat tiba di lokasi, kata Usman,  telah dipasang garis polisi. 

"Kami imbau warga yang tinggal di wilayah yang telah diberikan garis polisi agar mengungsi, takutnya  terjadi pergerakan tanah susulan," kata Usman.
 
Menurut Usman, kerusakan terparah dan terbanyak dialami rumah yang berlokasi di Jalan Purnawirawan 9.
 
Ketua RT 37 Andi Firmansyah mengatakan pihaknya melakukan evakuasi warga ke lokasi aman setelah merasakan kondisi terparah dari pergerakan tanah sekitar pukul 00.00 WITA demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"Pergerakan tanah ini sudah terjadi sejak 29 Desember 2023, tetapi hari ini tadi puncaknya. Bahkan sampai ke rumah yang ada di gang sebelah," kata Andi.
 
Seorang warga bernama Maria mengatakan rumahnya sudah mulai retak sejak 29 Desember 2023. 

Tak hanya mengalami keretakan, sejumlah barang miliknya pun sudah mulai berjatuhan. 

Akhirnya, Maria memilih mengungsi di tempat kerabatnya.

Senada juga disampaikan Hopmi, yang rumahnya tepat berada di jalur yang ambles. Ia mengaku sudah mulai merasakan tanda-tanda pergeseran tanah sejak 22 Desember namun masih dalam skala kecil.
 
"Kondisi di rumah saya mulai semakin parah ketika memasuki tanggal 26 Desember lalu. Di tanggal itu pula akses jalan mulai sedikit demi sedikit mengalami keretakan," ungkapnya.

Pergerakan tanah itu juga membuat akses warga ambles kurang lebih 50 centimeter.
 
Lurah Graha Indah Satrio menambahkan pasca-kejadian ini, Dinas Sosial Kota Balikpapan membangun tempat pengungsian sementara yang letaknya tidak jauh dari lokasi kejadian. 

Belasan rumah warga di RT 37 Jalan Purnawirawan 8 dan 9 Balikpapan Utara rusak akibat tanah bergerak

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia