UMKM Berperan Penting Kurangi Pengangguran di Kaltim, Dewan Dorong Perlunya Pendampingan

Sabtu, 04 November 2023 – 08:30 WIB
UMKM Berperan Penting Kurangi Pengangguran di Kaltim, Dewan Dorong Perlunya Pendampingan - JPNN.com Kaltim
Anggota DPRD Kaltim Encik Wardani menilai perlunya pendampingan bagi UMKM yang memiliki peran penting mengurangi pengangguran di daerah ini. Foto: Dokumentasi Humas DPRD Kaltim

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Anggota DPRD Kaltim Encik Wardani mengatakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam memperkuat perekonomian di seluruh Indonesia, termasuk di Kaltim. 

"OPD (organisasi perangkat daerah) yang bertugas melakukan pembinaan pada UMKM adalah Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM (Disperindagkop UKM)," kata Encik Wardani, Jumat (3/11).

Karena itu, politikus PKS itu menyebut Disperindagkop UKM Provinsi Kaltim punya peran penting dalam mengurangi angka pengangguran di Kaltim. 

Sebab, OPD ini membuat UMKM makin bertumbuh melalui beberapa program pengembangan yang dianggap sebagai salah satu pilar strategis.

"Tidak bisa kita pungkiri bahwa UMKM adalah salah satu penyangga ekonomi di daerah sehingga tidak heran apabila UMKM menjadi program strategis dan unggulan yang saat ini sedang digencarkan pemerintah," terangnya.

Dia menegaskan dukungan dari eksekutif dan legislatif sangat diperlukan agar program UMKM bisa berkelanjutan dan masif. 

Harapannya, kehadiran UMKM bisa memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi angka pengangguran di daerah.

"Namun yang disayangkan itu ketika mereka (pemerintah) membuat program, misalnya mereka memberikan bantuan ataupun berupa pelatihan, akan tetapi ujung-ujungnya setelah itu malah ditinggal," bebernya.

Anggota DPRD Kaltim Encik Wardani menilai perlunya pendampingan bagi UMKM yang memiliki peran penting mengurangi pengangguran di daerah ini
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia