Info Terbaru Soal Proyek Gedung DPR dan Istana Wapres di IKN

Selasa, 24 Januari 2023 – 16:38 WIB
Info Terbaru Soal Proyek Gedung DPR dan Istana Wapres di IKN - JPNN.com Kaltim
Gagasan desain Nagara Rimba Nusa ditetapkan sebagai pemenang terbaik pertama Sayembara Gagasan Desain Kawasan IKN Nusantara oleh Kementerian PUPR. Foto: Aji Cakti/pri/ANTARA

kaltim.jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti menyampaikan informasi terbaru soal proyek gedung DPR dan Istana Wakil Presiden (Wapres) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dia menyampaikan proyek gedung DPR maupun Istana Wapres di IKN masih dalam perencanaan.

"(Konsep perancangan) yang disayembarakan kemarin perencanaan semuanya," kata Diana Kusumastuti di Kompleks DPR RI, Jakarta, Selasa (24/1).

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN Nusantara untuk kompleks Istana Wapres, kompleks perkantoran legislatif, kompleks perkantoran yudikatif, serta kompleks peribadatan.

Kementerian PUPR akan mengkolaborasikan karya-karya pemenang sayembara perancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN, termasuk perancangan untuk Istana Wapres.

Desain terpilih ini telah memenuhi kriteria konsep perancangan kawasan dan bangunan di IKN Nusantara, di antaranya memenuhi key performance indicator (KPI) terkait bangunan gedung yang telah ditetapkan dalam Dokumen Urban Design Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)-IKN.

Kemudian desain mencerminkan identitas bangsa dalam desain interior maupun eksterior bangunan, memperhatikan peraturan dan ketentuan yang berlaku tentang Bangunan Gedung Negara (BGN), menerapkan prinsip green building, dan menerapkan prinsip kemudahan bangunan gedung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan IKN akan dibangun secara bertahap hingga tahun 2045 dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia sehingga tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti menyampaikan info terbaru soal rencana pembangunan gedung DPR dan Istana Wapres di IKN Nusantara
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia