7 Titik Panas Terdeteksi di Kaltim, Ini Sebaran Wilayahnya

Rabu, 04 Januari 2023 – 14:06 WIB
7 Titik Panas Terdeteksi di Kaltim, Ini Sebaran Wilayahnya - JPNN.com Kaltim
BMKG mendeteksi 7 titik panas di Kaltim, masyarakat diingatkan potensi kebakaran lahan dan hutan selalu ada. Foto: ilustrasi/Antara

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi tujuh titik panas indikator awal kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kaltim selama periode pengamatan Selasa (3/1) pukul 01.00 sampai 17.00 WITA.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Diyan Novrida menyebutkan titik panas dideteksi di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan Kutai Timur.

Perinciannya satu titik panas dideteksi di Kecamatan Mook Manaar Bulatan di Kabupaten Kutai Barat.

Kemudian 4 titik panas dideteksi di Kecamatan Bengalon dan 2 titik panas terdeteksi di Muara Wahau, keduanya merupakan wilayah Kutai Timur.

Diyan mengatakan informasi mengenai titik panas yang muncul di wilayah tersebut sudah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi dan kabupaten.

Dia juga mengingatkan hujan tidak setiap hari turun selama musim penghujan sehingga titik panas indikator kebakaran hutan dan lahan masih bisa muncul.

"Potensi kebakaran lahan dan hutan selalu ada akibat cuaca panas yang menyebabkan daun, ranting, dan lainnya kering," kata Diyan, Rabu (4//1).

Karena itu, Diyan kembali berpesan kepada masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan, termasuk tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan untuk mencegah kebakaran. (antara/jpnn)

BMKG mendeteksi 7 titik panas di Kaltim, ini sebaran wilayahnya

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia