6 Wilayah di Kaltim Berpotensi Dihantam Hujan Petir Besok dan Lusa, Tolong Waspada!

Minggu, 20 November 2022 – 21:37 WIB
6 Wilayah di Kaltim Berpotensi Dihantam Hujan Petir Besok dan Lusa, Tolong Waspada! - JPNN.com Kaltim
BMKG menyampaikan 6 wilayah di Kaltim ini berpotensi dihantam hujan petir pada Senin (21/11) besok dan lusa. Ilustrasi. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan semua pihak yang berada di enam wilayah ini di Kaltim untuk waspada.

Pasalnya, BMKG menyampaikan hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada enam wilayah di Kaltim pada Senin (21/11) besok dan lusa.

Keenam wilayah yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut, yakni Kota Bontang, Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan ahakam Ulu.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Minggu (20/11).

Terkait hal tersebut, kata Ilham, informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota agar dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Lebih lanjut Ilham menyampaikan secara terperinci wilayah di Kaltim yang berpotensi terjadi hutan petir pada besok dan lusa.

Di Kota Bontang, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara pada Senin (21/11) sekitar pukul 20.00 WITA.

Di Kabupaten Kutai Timur pada hari dan jam yang sama, hujan lebat hingga petir diprakirakan terjadi pada 16 kecamatan dari 18 kecamatan yang ada, hanya dua kecamatan yang mengalami hujan ringan, yakni Kecamatan Kongbeng dan Sandaran.

BMKG menyampaikan 6 wilayah di Kaltim ini berpotensi dihantam hujan petir pada Senin (21/11) besok dan lusa
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News