Waspada, Muncul 11 Titik Panas di Kaltim, Ini Sebarannya

Sabtu, 11 Juni 2022 – 11:35 WIB
 Waspada, Muncul 11 Titik Panas di Kaltim, Ini Sebarannya - JPNN.com Kaltim
Informasi sebaran titik panas yang dirilis BMKG Balikpapan, Jumat (10/6). Foto: HO-BMKG Balikpapan/Antara

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Sebanyak 11 hotspot (titik panas) terdeteksi di Kaltim.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan menyampaikan ke-11 titik panas tersebut tersebar pada empat kabupaten/kota.

"Sebanyak 11 hotspot (titik panas) tersebut terpantau pada Kamis (9/6) mulai pukul 01.00 WITA hingga pukul 24.00 WITA,"kata Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Jumat (10/6)

Sebaran titik panas tersebut langsung diinformasikan ke pihak terkait terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim maupun kabupaten/kota untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Adapun sebaran 11 titik panas itu, yakni terbanyak di Kabupaten Kutai Timur (6 titik panas), Kabupaten Kutai Kartanegara (4 titik panas), dan Kota Samarinda (1 titik panas).

Rinciannya adalah titik panas terdeteksi di Kutai Kartanegara tersebar pada dua kecamatan, yakni Kembang Janggut (2 titik) dan Tabang (2 titik).
Keempat titik panas tersebut memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Untuk satu hotspot yang berada di Kota Samarinda, berada di Kecamatan Palaran yang juga memiliki tingkat kepercayaan menengah, yakni pada koordinat 117.2576 bujur - -0.6177 lintang," beber Carolina

Selanjutnya adalah enam titik panas terdeteksi di Kutai Timur tersebar pada enam kecamatan, atau tiap kecamatan terdapat satu titik panas yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

BMKG mendeteksi muncul 11 titik panas di Kaltim, ini sebarannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News