Soroti Tingginya Kasus HIV/AIDS di Kaltim, Puji Setyowati: Harus jadi Perhatian Semua Pihak

Rabu, 26 Oktober 2022 – 09:35 WIB
Soroti Tingginya Kasus HIV/AIDS di Kaltim, Puji Setyowati: Harus jadi Perhatian Semua Pihak - JPNN.com Kaltim
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati meminta perkembangan kasus HIV/AIDS yang cukup tajam agar menjadi perhatian semua pihak. Foto: Dokumentasi Humas DPRD Kaltim

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati mengaku prihatin melihat tingginya kasus HIV/AIDS di daerah ini.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim menyebutkan terdapat 339 kasus HIV/AIDS di Samarinda pada 2022.

Dia mengatakan ini harus menjadi perhatian bersama atau semua pihak. 

“Persoalan ini harus menjadi perhatian semua pihak, termasuk dari DPRD dan dinas atau instansi terkait di Kaltim dalam rangka pengawasan terhadap penyebaran kasus HIV/AIDS,” kata Puji setyowati saat dikonfirmasi, Rabu (26/10).

Dikatakan Puji, kasus HIV/AIDS cukup tajam perkembangannya sehingga perlu dicermati penyebabnya. 

Pasalnya, apakah penyebabnya lantaran jumlah penduduk yang berubah atau perubahan prilaku di wilayah yang kerap terjadi urbanisasi masyarakat dari luar dan masuk ke dalam kawasan ini. 

“Bisa juga angka ini merupakan kasus baru yang kemudian terlaporkan, karena kemungkinan yang sakit itu bukan penduduk lokal, tetapi dua hal penyebab. Penduduk asli atau bukan penduduk asli. Namun yang jelas ini tidak boleh dibiarkan dan dianggap remeh, harus ada langkah-langkah konkret untuk mengatasinya,” tegas Puji.

Menurut catatan Dinkes, wilayah Penajam Paser Utara (PPU) ada sebanyak 37 kasus HIV/AIDS. Puji merasa persoalan ini bagai jerami kering yang terbakar. Artinya sangat memprihatinkan. 

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati meminta perkembangan kasus HIV/AIDS yang cukup tajam agar menjadi perhatian semua pihak
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia