63 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur, Paling Banyak Tersebar di Berau

Senin, 31 Oktober 2022 – 11:23 WIB
63 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur, Paling Banyak Tersebar di Berau - JPNN.com Kaltim
Sebaran titik panas di Kabupaten Berau yang dirilis BMKG Balikpapan, Senin (31/10). Foto: Ist/HO BMKG Balikpapan

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya 63 titik panas (hotspot) yang tersebar di Kaltim.

Dari jumlah tersebut, paling banyak tersebar di wilayah Kabupaten Berau sebanyak 24 titik, kemudian di Kutai Timur 16 titik, dan Kutai Barat 15 titik.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Idham Chalid menyampaikan sebanyak 63 titik panas tersebut terpantau kemarin mulai pukul 01.00 hingga pukul 12.00 WITA.

"Sebaran titik panas tersebut pun telah disampaikan ke instansi terkait agar mendapat penanganan lebih lanjut," kata Idham Chalid, Senin (31/10).

Sebelumnya, lanjuta Idham, pihaknya juga mendeteksi sebanyak 18 titik panas yang tersebar pada enam kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sehingga titik panas itu padam setelah dilakukan penanganan.

Idham membeberkan sebaran 63 titik panas yang terdeteksi di Kaltim tersebut.

Di Berau, 24 titik panas tersebar di tujuh kecamatan, yakni Biatan (1 titik), Biduk-Biduk (2 titik), Gunung Tabur (2 titik), Kelay (5 titik), Sambaliung (4 titik), Tabalar (7 titik), dan Talisayan (3 titik).

Sebaran 15 titik panas di Kutai Barat di enam kecamatan, yakni Kecamatan Damai, Dilangputi, dan Muara Lawa masing-masing 1 titik, Jempang dan Muara Pahu masing-masing terdapat 3 titik, dan Kecamatan Siluq Ngurai terdeteksi 6 titik panas.

BMKG mendeteksi 63 titik panas di Kalimantan Timur, berikut sebarannya
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia