Dampak Kabut Asap, Wings Air Batalkan Penerbangan Sendawar Kubar-Balikpapan

Rabu, 04 Oktober 2023 – 10:58 WIB
Dampak Kabut Asap, Wings Air Batalkan Penerbangan Sendawar Kubar-Balikpapan - JPNN.com Kaltim
Wings Air kembali membatalkan penerbangan dari Bandara Melalan Sendawar Kubar ke Balikpapan akibat kabut asap. Foto: ilustrasi/Dokumentasi Wings Air

kaltim.jpnn.com, KUTAI BARAT - Kabut asap yang melanda Kutai Barat (Kubar) akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) membuat aktivitas penerbangan di Bandara Melalan Sendawar terganggu.

Pihak Wings Air selaku maskapai penerbangan yang melayani rute Balikpapan-Kubar memutuskan untuk tidak terbang dikarenakan jarak pandang pesawat yang minim. 

Kabut asap tebal sangat berisiko bagi keselamatan penerbangan.

Kepala Seksi Teknik Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat (TOKPD) Bandara Melalan Aulia Mukti Negara menyebutkan ada 114 calon penumpang yang batal berangkat. 

“Ada 70 penumpang dari Balikpapan ke Kubar dan 44 orang dari Kubar ke Balikpapan,” katanya.

Menurut Aulia, saat ini jarak pandang pilot di bawah satu kilometer.  Hal ini terjadi bukan sekali saja, melainkan sudah dua kali. 

Meski begitu, dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di wilayah Kaltim, belum ada larangan terbang, karena kondisi masih dianggap belum membahayakan.

“Belum ada larangan terbang, karena yang dilanda kabut asap tebal hanya di wilayah Bandara Melalan Sendawar saja, sedangkan bandara di kabupaten/kota lainnya khususnya di Kaltim masih normal,” ungkap Aulia Mukti Negara.

Wings Air kembali membatalkan penerbangan dari Bandara Melalan Sendawar Kubar ke Balikpapan akibat kabut asap
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia