Info Terbaru dari BMKG: 254 Titik Panas Terpantau di 7 Kabupaten, Waspadalah!

Minggu, 24 September 2023 – 11:08 WIB
Info Terbaru dari BMKG: 254 Titik Panas Terpantau di 7 Kabupaten, Waspadalah! - JPNN.com Kaltim
Petugas memadamkan lahan yang terbakar di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Foto: Ilustrasi/ANTARA/HO Pusdalops PPU

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tersebut terkait perkembangan penyebaran titik panas (hotspot) di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

BMKG mendeteksi 254 titik panas indikator awal kebakaran hutan dan lahan di 7 kabupaten di wilayah Kaltim selama periode pengamatan Sabtu (23/9) pukul 01.00 hingga 24.00 WITA.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida mengungkapkan titik panas terbanyak terpantau di Kabupaten Berau (118).

Kemudian Kutai Timur (82), Paser (24), Kutai Kartanegara (15), Mahakam Ulu (11), Penajam Paser Utara (3), dan Kutai Barat (1).

"Titik-titik panas indikator awal kebakaran hutan dan lahan yang terpantau di tujuh kabupaten tersebut semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan, Minggu (24/9)

Informasi terkini mengenai sebaran titik panas indikator kebakaran hutan dan lahan, menurut dia, sudah disampaikan kepada instansi pemerintah terkait, termasuk badan penanggulangan bencana daerah tingkat provinsi dan kabupaten.

Diyan mengimbau masyarakat untuk waspada dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak melakukan pembakaran untuk membuka atau membersihkan lahan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (antara/jpnn)

BMKG mendeteksi 254 titik panas indikator awal kebakaran hutan dan lahan di 7 kabupaten, berikut datanya

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia