Wakil Ketua DPRD Seno Aji Ingin Kaltim Tiru Belanda dalam Mengelola Rutan dan Lapas

Selasa, 25 Juli 2023 – 12:02 WIB
Wakil Ketua DPRD Seno Aji Ingin Kaltim Tiru Belanda dalam Mengelola Rutan dan Lapas - JPNN.com Kaltim
Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji dan rombongan saat melakukan kunjungan kerja ke Belanda, belum lama ini. Foto: Dokumentasi Humas DPRD Kaltim

kaltim.jpnn.com, SAMARINDA - Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji mengungkapkan banyak hal yang bisa ditiru dari Belanda bagi Kaltim dalam hal pelayanan publik dan perdagangan internasional.

Itulah yang dirasakan pimpinan dan anggota DPRD Kaltim yang melakukan kunjungan kerja ke Belanda selama sepekan, belum lama ini. 

Mereka mendapatkan banyak pelajaran berharga dari berbagai pertemuan dan diskusi dengan pihak-pihak terkait di sana.

Salah satu hal yang menarik perhatian mereka adalah kondisi rumah tahanan (rutan) di Belanda. 

Menurut Seno Aji, Belanda adalah negara yang terbaik dalam penanganan narapidana. 

Banyak penjara di Belanda yang hanya terisi di bawah 90 persen dari kapasitasnya, dan memiliki fasilitas yang manusiawi.

“Kami ingin belajar dari mereka bagaimana cara mengelola rutan dan lembaga pemasyarakatan (lapas) dengan baik, karena di Kaltim kapasitas rutan sudah overload, melebihi 300 persen dari total kapasitas yang ditetapkan,” kata Seno melalui keterangan, Selasa (25/7).

Sebelum berangkat ke Belanda, Seno mengaku sudah berdiskusi dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim tentang masalah ini. 

Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji menyebut Belanda merupakan negara terbaik dalam menangani narapidana di Rutan maupun Lapas, Kaltim boleh menirunya
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia