Peringatan! 18 Titik Panas Terdeteksi, Mohon Jangan Lakukan Ini!

Senin, 16 Januari 2023 – 11:47 WIB
Peringatan! 18 Titik Panas Terdeteksi, Mohon Jangan Lakukan Ini! - JPNN.com Kaltim
BMKG Balikpapan mendeteksi 18 titik panas di Kalimantan Timur. Ilustrasi Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan kembali menyampaikan peringatan dini untuk masyarakat Kaltim.

Peringatan ini disampaikan sehubungan kembali ditemukannya belasan titik panas atau hotspot yang tersebar di sejumlah wilayah.

"Sebanyak 18 titik panas tersebut terpantau sepanjang hari Minggu (15/1) mulai pukul 01.00 hingga pukul 24.00 WITA," kata Diyan Novrida, Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Senin (16/1).

Diyan menyebutkan total ada 18 titik panas yang terdeteksi dan telah disampaikan kepada instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Dia mengimbau kepada semua elemen masyarakat untuk turut menjaga lingkungan agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan dengan tidak melakukan 3 hal ini.

Tiga hal tersebut, yaitu tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak membakar saat pengelolaan lahan, dan menghindari aktivitas yang dapat memicu kebakaran.

Berikut Penyebaran 18 Titik Panas yang Terdeteksi BMKG:

- Kutai Timur 1 titik

Berada di Kecamatan Bengalon dengan memiliki tingkat kepercayaan menengah.

BMKG menyampaikan peringatan kepada masyarakat Kaltim untuk tidak melakukan hal ini sehubungan ditemukannya 18 titik panas
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia