Awas! Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan Mengancam di 3 Daerah Ini

Jumat, 06 Januari 2023 – 22:34 WIB
Awas! Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan Mengancam di 3 Daerah Ini - JPNN.com Kaltim
BMKG mengingatkan adanya potensi kebakaran hutan dan lahan setelah terdeteksi adanya 8 titik panas yang tersebar pada tiga daerah di Kaltim. Ilustrasi Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali menyampaikan peringatan dini adanya potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tiga daerah ini di Kaltim.

Ini setelah BMKG Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya delapan titik panas di tiga daerah tersebut, yakni Kabupaten Kutai Timur, Kutai Barat, dan Kutai Kartanegara.

"Delapan titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 17.00 WITA," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Diyan Novrida, Jumat (6/1).

Diyan menyampaikan sebaran delapan titik panas itu telah disampaikan kepada instansi terkait agar mendapat penanganan lebih lanjut.

"Mengingat potensi kebakaran lahan dan hutan selalu ada akibat cuaca panas, karena adanya daun dan ranting kering, maka diimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan," pesannya.

Selain itu, pihak BMKG juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan untuk mencegah kebakaran.

"Delapan titik panas yang terpantau hari ini berada di titik koordinat berbeda dengan sebelumnya, meskipun ada juga yang masih dalam satu kabupaten maupun kecamatan yang sama," terangnya.

Berikut penyebaran titik panas yang terdeteksi BMKG:

BMKG mengingatkan adanya potensi kebakaran hutan dan lahan setelah terdeteksi adanya 8 titik panas yang tersebar pada tiga daerah di Kaltim
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia