Peringatan BMKG untuk Warga Kaltim: Waspada Cuaca Ekstrem!

Senin, 10 Oktober 2022 – 08:46 WIB
Peringatan BMKG untuk Warga Kaltim: Waspada Cuaca Ekstrem! - JPNN.com Kaltim
BMKG menyampaikan peringatan kepada warga Kaltim untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi hingga 12 Oktober nanti. Foto: ilustrasi/ Dokumentasi Relawan ITS Samarinda.

kaltim.jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap prakiraan cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di Kaltim hingga 12 Oktober nanti.

"Selama empat hari atau pada 9-12 Oktober cuaca ekstrem diprakirakan terjadi di sejumlah kawasan di Kaltim sehingga semua pihak harus waspada," kata Kepala Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman BMKG Balikpapan Erika Mardiyanti, Minggu (9/10).

Erika menyampaikan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin, kemudian perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Kaltim.

Selain itu, masih hangatnya suhu permukaan laut di Selat Makassar sehingga hal ini mendukung peluang pembentukan beberapa kelompok awan hujan di Kaltim, khususnya pada periode 9-12 Oktober.

Kondisi ini, kata Erika, menyebabkan cuaca pada periode tersebut berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat serta dapat disertai petir dan angin kencang di Kaltim.

Dia memperincikan wilayah yang diprakirakan dengan cuaca ekstrem tersebut, yakni seluruh wilayah di Kota Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, Mahakam Ulu, Kutai Barat, Paser, dan Penajam Paser Utara.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap dampak cuaca ekstrem yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti genangan air di Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Kutai Timur," ujar Erika.

Pada hari ini, Senin 10 Oktober 2022, kecamatan di Kaltim yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, yaitu Sangatta, Muara Wahau, Sendawar, Kelay, Pulau Derawan, Tabalar, Damai.

BMKG menyampaikan peringatan kepada warga Kaltim untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi hingga 12 Oktober nanti
Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia