Penuhi Kebutuhan Pangan 1,9 Juta Penduduk IKN Nusantara, Begini Upaya Kementan

Senin, 05 Desember 2022 – 23:54 WIB
 Penuhi Kebutuhan Pangan 1,9 Juta Penduduk IKN Nusantara, Begini Upaya Kementan - JPNN.com Kaltim
Wamentan Harvick Hasnul Qolbi saat meninjau lahan pertanian hortikultura di Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (5/12). Foto: ANTARA

kaltim.jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menyebutkan ketersediaan pangan menjadi sektor dasar dalam membangun IKN Nusantara.

Pasalnya, pertanian merupakan sektor paling dasar untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk IKN Nusantara yang diperkirakan mencapai 1,9 juta jiwa.

Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) bakal segera memberdayakan potensi sektor pertanian di daerah penyangga IKN, salah satunya Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pemberdayaan tersebut dilakukan dengan menjalankan berbagai program pertanian yang tepat sasaran di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah asal IKN Nusantara.

Hal itu disampaikan Wamentan Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Penajam Paser Utara untuk memastikan pemenuhan kebutuhan pangan IKN Indonesia baru.

Selain meninjau titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Wamentan juga melakukan peninjauan lahan pertanian hortikultura dan berdialog dengan sejumlah kelompok tani Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam.

Kementan juga akan memberikan bantuan berupa Alsintan (alat dan mesin pertanian), serta perlengkapan lainnya dan kredit usaha rakyat yang rencana disalurkan pada 2023.

"Daerah penyangga IKN lainnya yang memiliki potensi pertanian juga akan segera diberdayakan," ujar Wamentan.

Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa mengharapkan sektor pertanian di daerah berjuluk Benuo Taka Itu dapat menjaga ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan nasional,

"Kami berharap pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara dapat menjaga ketahanan pangan daerah dan nasional, terutama memenuhi kebutuhan pangan IKN Nusantara," ujarnya. (antara/jpnn)

Pertanian menjadi sektor dasar dalam pembangunan IKN Nusantara, simak pernyataan Wamentan Harvick Hasnul Qolbi

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Facebook JPNN.com Kaltim Twitter JPNN.com Kaltim Pinterest JPNN.com Kaltim Linkedin JPNN.com Kaltim Flipboard JPNN.com Kaltim Line JPNN.com Kaltim JPNN.com Kaltim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Kaltim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia